Tanggal Berapa Hari Ibu Digelar? Ini Jawaban dan Alasannya!

UCAPANSELAMAT.WEB.ID - Tak sedikit di antara kita yang belum tahu tentang kapan perayaan hari ibu dilaksanakan di Indonesia. Di antaranya bertanya tentang tanggal berapa hari ibu di gelar disertai alasan mengapa tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari ibu nasional.

Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, sayapun mencoba mencari beberapa referensi terkait dan hasilnya saya rangkum sebagaimana berikut!

Tanggal Berapa Hari Ibu

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa cukup mudah menjawab pertanyaan tanggal berapa hari ibu. Bahkan anak SD sekalipun bisa menjawab bahwa hari ibu di Indonesia jatuh pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Tetapi, tak banyak yang tahu mengapa tanggal tersebut ditetapkan hingga kini sebagai hari ibu nasional.

Tanggal Berapa Hari Ibu
Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada setiap tanggal 22 Desember. Tanggal ini diresmikan oleh Ir. Soekarno, Presiden pertama Indonesia lewat Dekrit Presiden No. 316 thn. 1953, tepat pada peringatan ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia sejak 1928. –Wikipedia.

Setelah saya telusuri, ternyata digelarnya hari ibu pada tanggal 22 Desember dilatarbelakangi oleh sebuah dekrit yang diterbitkan presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno pada tahun 1959. Dekrit presiden dengan nomor 316 itu keluar sebagai pengenang atas diselenggarakannya peringatan ke 25 Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928, di Jogjakarta.

Peristiwa kongres perempuan indonesia tersebut dianggap sebagai tonggak kemajuan perjuangan bagi kaum perempuan. Pada kongres itu, semua pimpinan dari seluruh organisasi perempuan di Indonesia berkumpul dan berjuang untuk membahas tentang perbaikan nasib dan kesetaraan kaum perempuan agar sejajar dengan kaum laki-laki. Selain itu, dalam kongres tersebut juga dibahas beberapa usaha keterlibatan kaum perempuan dalam usaha kemerdekaan dan pembangunan.

Dari sejarahnya, jelas bahwa penetapan tanggal 22 Desember setiap tahun sebagai hari ibu nasional bermula dari penghargaan presiden terhadap kegigihan kaum perempuan atau kaum ibu dalam keikutsertaannya membangun dan membantu perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia yang tertuang dalam kongres perempuan Indonesia.

Seiring perkembangan zaman, pemaknaan tanggal 22 desember telah mengalami deviasi atau pergeseran. Penetapan dekrit yang awalnya bertujuan untuk menghargai usaha kaum perempuan menjadi lebih dimaknai sebagai hari ibu. Pemahaman ini terus berlanjut hingga saat ini dengan adanya beragam ritual puja dan puji atas jasa dan kasih sayang ibu yang tiada batas. Beragam ucapan selamat hari ibu dengan makna dan pengharapan yang berbeda-beda selalu terdengar setiap datangnya tanggal tersebut.

Dalam istilah asing, hari ibu dikenal pula dengan sebutan Mothers Day. Ritual dan perayaan hari ibu di Indonesia seperti yang terjadi saat ini justru lebih banyak terinspirasi dan terpapar oleh perayaan Mothers Day tersebut. Bagaimana kado dan hadiah serta perlakuan istimewa terhadap seorang ibu cenderung lebih sering dilakukan pada tanggal 22 Desember tadi. Padahal sejatinya, sebagai seorang anak, kepatuhan kita terhadap seorang ibu yang telah melahirkan dan membesarkan kita harusnya tidak berbatas pada tanggal tertentu. setiap hari sebaiknya kita jadikan sebagai hari untuk terus berbakti dan mengabdi kepada ibu kita.

Nah, sampai disini, sudah tahukan jawaban dari pertanyaan tanggal berapa hari ibu? Sudah tahukan alasan dan sejarah mengenai penetapan hari ibu di Indonesia? Sudah tahu juga khan bagaimana pemaknaan hari ibu yang sebenarnya. Mulai sekarang yuk kita sama-sama mulai menyayangi dan tetap patuh kepada ibu kita masing-masing sebagai bentuk cinta dan kasih kita kepada mereka dengan tidak berbatas waktu. Semoga bermanfaat!